www.beritaintermezo.com
19:27 WIB - PWI Pelalawan Libas Apdesi 2-0, Bupati Pelalawan Zukri Cetak Satu Gol | 13:47 WIB - Ditutup Wapres Ma'ruf Amin, PLN Sukses Kawal Listrik PON XX Papua 2021 | 10:03 WIB - Peringati Hari Sumpah Pemuda 2021, Kades Sontang Buka Open Turnamen Vollybal Se Kecamatan Bonai Daru | 08:07 WIB - Polres Kampar : Perkara Anthony Hamzah Bukan Kriminalisasi & Tak Ada Kaitannya Dengan PTPN V | 16:49 WIB - Dukung Peningkatan Mutu Pendidikan Masyarakat, PTPN V Salurkan Bantuan PKBL Sebesar Rp15 Juta Untuk | 16:45 WIB - Wisata Alam Lirik Binaan Pertamina Raih Sertifikasi RBRA dari Kementerian PPPA
Road Show KPU ke SMSI Riau, Jalin Kerjasama Antisipasi Hoax Selama Tahapan Pemilu/Pilkada
Rabu, 13-10-2021 - 10:20:47 WIB

TERKAIT:
 
  • Road Show KPU ke SMSI Riau, Jalin Kerjasama Antisipasi Hoax Selama Tahapan Pemilu/Pilkada
  •  

    Pekanbaru (Beritaintermezo.com) - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru melakukan pertemuan dengan pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Riau, Selasa (12/10/2021).

    Pada pertemuan itu, rombongan KPU Kota Pekanbaru dipimpin langsung oleh Ketua Ketua KPU Kota PekanbarubAnton Merciyanto didampingi Divisi Sosialisasi dan Parmas Yelli Nofiza, Divisi Hukum dan SDM Ariya Ghuna Saputra, Divisi Program dan Data, Zulfajri dan Kasubag Teknis Hupmas Rianti Agustriani serta staf bagian Tekmas Fitri Andriani.

    Sementara dari organisasi perusahaan siber dihadiri Ketua SMSI Provinsi Riau Novrizon Burman, Wakil Ketua Bidang Tanggap Bencana Ardiansyah MZ Tanjung, Wakil Ketua Bidang Teknologi dan Informasi Anthony Harry, Sekretaris Zulmiron, Wakil Sekretaris Jinto Lumban Gaol, Bendahara Luna Agustin, Wakil Bendahara Herlina dan Koordinator Sosial Ekonomi Kreatif Martalena.

    Dalam sambutannya, Anton mengatakan, KPU Kota Pekanbaru sudah menyiapkan langkah-langkah persiapan menyongsong Pemilu 2024. Hal itu untuk mengantisipasi munculnya persoalan-persoalan seperti Pemilu sebelumnya. Salah satunya adalah mengantisipasi munculnya hoax selama tahapan Pemilu/Pilkada. Sehingga KPU merasa perlu membentuk Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) mulai dari tingkat pusat, provinsi hingga kab/kota.

    "Meskipun tahapan belum ditetapkan, tapi kita sudah melaksanakan persiapan-persiapan. Salah satunya dengan membentuk Bakohumas. Dasarnya adalah SK KPU RI No. 172/HM.02-Kpt/06/KPU/III/2021 tentang Badan Koordinasi Kehumasan KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh dan KPU/KIP Kabupaten/Kota. Bakohumas ini akan dibentuk paling lambat pertengahan Oktober 2021.Untuk itu perlu kita sosialiasaikan," jelas Anton.

    Bakohumas ini, sebut Anton, nantinya berisi perwakilan dari instansi, organisasi masyarakat, perguruan tinggi, lembaga pers dan lainnya. Tujuannya untuk membantu KPU Kota Pekanbaru dalam menyebarkan informasi yang benar dan akurat seputar Pemilu.

    "Jadi melalui Bakohumas ini, kita memberikan informasi yang berimbang kepada masyarakat. Tidak hanya berita-berita negatif yang beredar tentang KPU," sebut Anton.

    Selain tentang Bakohumas, Anton juga menjelaskan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih yang terus dilakukan KPU Kota Pekanbaru melalui sejumlah media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook, website dan instrumen online lainnya.

    “Setelah kunjungan ini, nanti akan dibentuk grup WA. Sehingga memudahkan bertukar informasi,” katanya.

    Sementara itu, Ketua SMSI Riau Novrizon Burman mengatakan, SMSI Riau sebagai konstituen Dewan Pers siap bersinergi dengan KPU untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

    "Kami (SMSI) siap bersinergi dengan KPU dalam mencegah berita hoax. Artinya, masyarakat harus mendapatkan informasi yang tepat," ujar Novrizon.

    Menurut Novrizon, informasi terkait penyelenggaraan pemilu/pilkada harus tersosialisasi dengan baik dan perlu ada semacam wadah koordinasi.

    "Kalau ada informasi terbaru dari KPU tinggal kita share ke kawan-kawan media yang sudah bergabung menjadi anggota SMSI Riau. Yang mana sampai saat ini sudah berjumlah 103 perusahaan media," sebut Novrizon.(rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Road Show KPU ke SMSI Riau, Jalin Kerjasama Antisipasi Hoax Selama Tahapan Pemilu/Pilkada
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    6 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    7 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica