www.beritaintermezo.com
22:53 WIB - Wabup Rohil : Tata Kelola Arsip Sangat Penting Agar Tak Jatuh Ketangan Orang Lain | 22:50 WIB - Pemkab Rohil Pertahankan Opini WTP Tahun 2021 | 22:24 WIB - Syamsuar Buka Piala Gubernur dan Rektor Turnamen Unilak Super League 2022 | 17:19 WIB - DPRD dan Pemkot Bengkulu Gelar Halalbihalal | 18:10 WIB - Berkah Hari Raya Waisak Bagi Umat Buddha, 7 Orang WBP Terima Remisi Khusus | 13:08 WIB - Hujan Petir Tidak Menyurutkan Semangat Petugas Kebersihan
Tengku Efrisyah Putra : Beras Penyalai Tanpa Zat Kimia dan Pupuk
Kamis, 12-05-2022 - 16:52:37 WIB

TERKAIT:
 
  • Tengku Efrisyah Putra : Beras Penyalai Tanpa Zat Kimia dan Pupuk
  •  

    Pelalawan (Beritaintermezo.com) - Beras Penyalai merupakan hasil dari petani padi Kecamatan Kuala Kampar yang saat ini beras tersebut dipasarkan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Tuah Sekata.

    Menurut Direktur PD Tuah Sekata Tengku Efrisyah Putra, S.Sos pada media ini Kamis, (12/05/2022) mengatakan pembelian beras penyalai dari petani yang dikelola BUMD Tuah Sekata dalam rangka membantu para petani di Penyalai, Kuala Kampar. Selama ini, para petani yang ada di Penyalai selalu dipermainkan tengkulak. Belum mereka menikmati hasil panen tapi sudah dibeli dengan harga rendah oleh para tengkulak, yang umumnya berasal dari luar Pelalawan.

    "Dengan tujuan itulah, Bupati kemudian menginginkan agar hasil panen para petani di Penyalai dinikmati masyarakat Kabupaten Pelalawan sendiri, sekaligus membantu para petani agar perlahan-lahan tak terjerat lagi dengan tengkulak," katanya.

    Meski kualitasnya masih jauh dengan beras premium yang sudah ada dipasaran supermarket, minimarket dan pasar, tetapi beras penyalai memiliki keunggulan karena dalam prosesnya tidak memakai zat kimia dan pupuk. Rasanya pun nyaris tak jauh berbeda dengan beras premium lainnya.

    "Kalau untuk kebutuhan ASN dan honorer, sebanyak 7-8 ton sedangkan stok kita ada 14 ton. Jadi memang untuk sementara pembelian beras ini hanya diberlakukan bagi ASN dan honorer yang ada di Pangkalan Kerinci saja, belum di wilayah kecamatan lain. Dikhawatirkan kesediannya tidak cukup karena kita masih panen hanya sekali dalam setahun," ujarnya.

    Disinggung soal harganya yang sampai 12 ribu per kg, Tengku Efrisyah Putra menjelaskan bahwa beras tersebut ditambah ongkos angkut yang mengunakan sepeda motor, kemudian kapal melalui sungai dan menggunakan truk sampai ke gudang, tambah lagi biaya bongkar muat dan packing, sehingga BUMD mengeluarkan dana Rp. 10.700/kg.

    "Intinya program ini adalah untuk membantu para petani di Penyalai. Di samping itu, Bupati Pelalawan menginginkan agar beras Penyalai ini dapat menjadi branding bagi daerah ini," tukasnya.

    Sementara terkait logo Halal yang ada di kemasan Beras Penyalai, menurut Tengku Efrisyah Putra, bahwa sejak Direktur BUMD Fahrulrozi sudah ada logo tersebut.

    "Saya berharap agar masyarakat juga dapat membeli beras penyalai, supaya dapat merasakan kekurangan dan kelebihannya. Jika ada kekurangan dalam soal rasa dan kualitas, supaya dapat disampaikan agar ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi," ujarnya mengakhiri.(Tom)



     
    Berita Lainnya :
  • Tengku Efrisyah Putra : Beras Penyalai Tanpa Zat Kimia dan Pupuk
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    9 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica