www.beritaintermezo.com
10:12 WIB - Program Paslon Muflihun-Ade Dahulukan Kebutuhan Dasar Masyarakat. | 09:52 WIB - DPRD Pekanbaru Terima Audiensi PWI, Harap Komunikasi Efektif Majukan Kota | 08:23 WIB - Terpilih Aklamasi Pimpin SMSI Riau, Luna Agustin Ajak Seluruh Anggota Bersatu Menuju Media Profesional dan Handal | 08:01 WIB - Dukung Pengembangan Wisata Mangrove, PHR-RSF Salurkan Alat Pendukung UMKM di Bandar Bakau Dumai | 07:55 WIB - PHR Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Desa Bukit Batu Menuju Destinasi Unggulan di Pesisir Riau | 07:51 WIB - Peninjauan Lapangan Kemenkopolhukam Ungkap Kesesuaian Status Areal PTPN IV Regional III
Kabupaten Rohil Berlakukan Kawasan Tanpa Rokok
Rabu, 05-06-2024 - 11:30:24 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohil (Beritaintermezo.com)-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok. Pengesahan itu dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar pada, Senin (3/6/2024) yang dihadiri bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong. Bupati Rohil mengapresiasi pengesahaan Perda inisitif dewan tersebut. Dengan adanya  Perda Kawasan Tanpa Rokok kata bupati dapat mengurangi penyakit dan kematian akibat rokok. Selain itu, perda tersebut upaya melindungi generasi muda membatasi penggunaan rokok.

Pengesahan perda ditandai dengan penandatanganan naskah surat keputusan  yang dilakukan oleh wakil ketua DPRD Rohil Basiran Nur Effendi dan Bupati Afrizal Sintong.

Dalam peraturan daerah Kawasan Tanpa Rokok yang baru disahkan ini,akan membatasi penggunaan rokok dikawasan tertentu seperti pada fasilitas pelayanan kesehatan-Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Pustu-, Kawasan Pendidikan, angkutan umum, rumah ibadah, ruang bermain anak dan sejumlah tempat lainnya.

Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok merupakan Ranperda inisiatif DPRD yang diajukan ke pemerintah. Tujuan perda ini untuk menciptakan lingkungan hidup yang aik dan sehat. DPRD menilai keberadaan rokok dapat menurunkan kualitas  hidup manusia karena menimbulkan gangguan kesehatan perseorangan, keluarga, masyarakat hingga lingkungan.

Wakil ketua DPRD Rohil Basinur Nur Efendi meminta dengan disahkannya perda kawasan tanpa rokok dapat ditaati semua masyarakat.

"Memang tidak semua kawasan itu dilarang merokok, namun seperti yang disampaikan pansus ada beberapa tempat yang dilarang merokok namun mereka diminta menyiapkan tempat merokok," sebutnya.

Ia juga meminta para pengusaha rokok tidak memasang iklan rokok di kawasan tanpa rokok.

"Kemudian nanti juga pengaturan tentang pengiklanan rokok, kadangkala kalo saat ini kita tengok didekat gedung SD itu ada iklan rokok dan pedagang yang rokok, nah ini kita minta agar bisa ditertibkan," pintanya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih dengan disahkannya peraturan daerah kawasan tanpa rokok.

"Dengan adanya Perda ini, kita harapkan nantinya dapat menurunkan angka penyakit dan kematian yang disebabkan oleh rokok. Selain itu Perda ini sebagai bentuk keinginan kita untuk melindungi generasi muda kita untuk membatasi penggunaan rokok sekaligus menata ruang-ruang publik agar terbebas dari asap rokok," ujar Afrizal.(zal)



 
Berita Lainnya :
  • Kabupaten Rohil Berlakukan Kawasan Tanpa Rokok
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica