www.beritaintermezo.com
12:18 WIB - PTPN V Perkuat Persiapan Kontingen Riau di PON Papua 2021 | 12:14 WIB - SKK Migas Sumbagut - KKKS Riau Dukung Persiapan Tim Kontingen PON XX 2021 | 08:29 WIB - Partai Prima Kecam Kebijakan Pemerintah Terkait Wacana Kenaikan PPN dan Pajak Sembako | 08:19 WIB - Afrizal Sintong : Tanpa Dukungan Semua Pihak, Rohil Sejahtera Tidak Akan Maksimal | 08:13 WIB - Dorong Kesadaran Untuk Vaksin, Sertifikat Vaksin Menjadi Salah Satu Syarat Akses Layanan Publik | 08:06 WIB - Modifikasi Cuaca, Upaya Pemerintah dan Swasta Cegah Karhutla
Miliki Potensi Besar, Rohil Jadi Pusat Percontohan Budidaya Kerang Dan Pembenihan Ikan
Rabu, 04-11-2020 - 09:10:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Miliki Potensi Besar, Rohil Jadi Pusat Percontohan Budidaya Kerang Dan Pembenihan Ikan
  •  

    BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com) - Kabupaten Rokan hilir (Rohil) saat ini dilirik banyak daerah untuk belajar dan menjadi pusat percontohan budidaya kerang dan pembenihan ikan. Hal ini dibuktikan banyaknya kunjungan dari berbagai daerah yang datang kenegeri Julukan seribu kubah. Belum lama ini, anggota anggota DPRD kabupaten Labuhan Batu, propinsi Sumatra Utara (Sumut) datang berkunjung untuk melihat cara budidaya kerang dan bembenihan ikan.

    Kepala Dinas Perikanan rohil, M Amin SPi mengatakan kalau komisi V DPRD Kabupaten Labuhan Batu berkunjung untuk diskusi sekaligus belajar tata cara budidaya kerang dan pembenihan ikan. Apalagi budidaya kerang dirohil sejak tahun 2013 terus terjadi peningkatan.

    Banyaknya masyarakat luar yang mengetahui tentang budidaya kerang yang setiap tahunnya terjadi peningkatan berkat dari publikasi teman-teman media massa. "Kalau tempat pembenihan ikan memang sudah lama diketahui masyarakat luas, karena banyak siswa seperti dari Pekanbaru yang magang ditempat pembenihan ikan yang terletak kecamatan Ujung Tanjung dan dan Rantau Kopar," Jelas Amin.

    Kedatangan komisi V DPRD kabupaten Labuban Batu kenegeri seribu kubah sebutnya untuk berdiskusi tentang budidaya kerang. Apalagi budidaya kerang terbanyak dirohil terletak diperairan panipahan, Sinaboi dan Bangko. "Kalau Panipahan, kecamatan pasir limau kapas (Palika) perairannya berbatasan langsung dengan labuhan batu.

    Tahun ini sebutnya, pemerintah labuhan batu telah menganggarkan program di APBD nya untuk melakukan kunjungan kembali kerohil dengan memboyong Dinas perikanannya untuk belajar tata cara budidaya kerang dan pembenihan ikan didaerah kita," Pungkas Amin.

    *Budidaya Perikanan Dirohil Terus Ditingkatkan*

    Pengembangan perikanan dengan program budidaya semakin digencarkan oleh Dinas Perikanan Rokan Hilir (Rohil), hal itu ditandai dengan adanya unit pengembangan atau balai benih ikan yang salah satunya terletak di daerah kepenghuluan Ujung Tanjung, Kecamatan Tanah Putih sedinginan.

    M Amin Sp mengatakan kalau pihaknya memang memprioritaskan pada program budidaya perikanan mengingat kegiatan tersebut terbukti sangat efektif untuk dilaksanakan, apalagi hasil perikanan yang cepat berkembang. Gilirannya kalangan nelayan yang mengiatkan program budidaya akan mengalami peningkatan kesejahteraan secara signifikan.

    "Kalau saya memang ingin fokus pada kegiatan budidaya perikanan, selain didukung oleh ketersediaan benih disamping itu areal untuk budidaya juga ada," katanya.

    Dari sektor perikanan tangkap sebutnya telah menunjukkan tren penurunan. Tidak mungkin bisa mengandalkan terus dari perikanan tangkap tersebut meskipun memang diakui bahwa Bagansiapiapi pernah dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di dunia pada era 1980-an.

    Beberapa jenis ikan yang prospek untuk dibudidaya sebutnya seperti Nila, Patin, Selais, dan lain-lain. Bukan hanya untuk kategori perikanan air tawar atau sungai, pihaknya juga telah mengembangkan potensi budidaya untuk perikanan air asin. "Untuk budidaya seperti ikan Senangin, diarahkan di Panipahan kecamatan Pasir Limau Kapas (palika)," ujarnya.

    salah satu yang tengah digiatkan saat ini adalah kegiatan Restocking ikan selais di sungai Rokan. Program Restocking terangnya merupakan kegiatan mengembangbiakan potensi ikan-Selais di sepanjang aliran sungai Rokan. Program itu ditingkatkan dengan harapan dapat membuat ikan yang terkenal lezat itu dapat mengalami pertumbuhan secara maksimal dan disisi lain jumlahnya bertambah.

    *Rohil Penghasil Kerang Terbesar di Sumatra*

    Sejarah dunia mencatat bahwa Bagansiapiapi dulunya pernah dijuluki sebagai negeri penghasil ikan terbesar didunia setelah negara Norwegia, namun potensi perikanan kita hingga kini tetap masih ada.

    pemerintah Rohil tetap eksis berupaya membuat terobosan program-program perikanan melalui dinas terkait. Budidaya perikanan masyarakat nelayan pesisir seperti halnya Sinaboi dan pesisir lainnya.

    "Bagansiapiapi ibukota Rokan hilir, dulunya penghasil ikan terbesar didunia, kini penghasil kerang terbesar diwilayah Sumatera," Ucap Amin. (Adv/zal)



     
    Berita Lainnya :
  • Miliki Potensi Besar, Rohil Jadi Pusat Percontohan Budidaya Kerang Dan Pembenihan Ikan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    6 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    7 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica