www.beritaintermezo.com
15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi | 01:53 WIB - DPRD Gelar Paripurna Penyampaian LKPj T.A 2023 | 01:51 WIB - Anggota DPRD Riau Terpilih, Naladia Ayu Rokan Jalani Prosesi Pernikahan Berandam dan Malam Berinai | 01:48 WIB - Pererat Silaturahmi, Sekwan DPRD Rohil gelar halal BI halal | 01:35 WIB - Rangkaian HUT ke-7 Tahun, SMSI Riau Gelar Workshop "Publisher Rights" Bersama Dewan Pers
Antisifasi Bencana Alam, TNI/Polri Dan Forkopimda Gelar Apel Kesiapsiagaan
Selasa, 10-11-2020 - 07:36:22 WIB

TERKAIT:
   
 

BAGANSIAPIAPI (Beritaintermezo.com)-Dalam rangka mengantisipasi bencana alam dikabupaten Rokan Hilir (Rohil), Polres Rohil bersama Kodim 0321 dan Forkopinda melaksanakan apel bersama, Senin (9/11) dilapangan eks MTQ Rohil, Batu enam, Bagansiapiapi. Apel bersama itu dihadiri oleh Pjs Bupati Rohil, Rudyanto SH MSi.

Selain Pjs Bupati, kegiatan itu juga tampak dihadiri Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rahman Wahyudi, SIP.MI.Pol, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK, Kajari Rohil  Gaos Wicaksono SH MH, Ketua PN Rohil Andri Simbolon SH MH, Danyon pelopor Brimob Kompol Dody Wirawijaya SIK, Kabag Ops Polres Rohil Kompol Antoni Lumban Gaol, Lanal Dumai/Posal Bagan Siapiapi Letda Laut KH Justin beserta Anggota.

Kemudian Kasat Polair Polres Rohil AKP Sapto Hartoyo beserta anggota, Wadanramil 01 Bangko Kapten Tayung Chan, Asisten I Drs Ferry Hendra Parya MSi, Asisten III H Ali Asfar S Sos MSi, Para pejabat tinggi pratama, Administrator, Pimpinan OPD, Basarnas rohil, Ormas, Organda dan para kapolsek serta Jajarannya.

Dalam  amanatnya, Pjs Bupati Rohil  Rudyanto menyampaikan, bahwa bencana hidrometeorologi merupakan bencana yang dipengaruhi oleh faktor cuaca seperti banjir, tanah longsor maupun bencana lain yang ditentukan dari cuaca. Apalagi saat ini Indonesia memasuki musim hujan yang puncaknya diperkirakan terjadi pada Januari hingga Maret tahun depan.

Upaya untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi diantaranya memperkuat siaga bencana yang bisa dibentuk oleh masyarakat komunitas, pelajar sekolah dan instansi yang dilatih untuk mengenal ciri-ciri bencana alam.

"Cara mengantisipasi dan langkah-langkah penyelamatan selanjutnya perlu dilakukan mitigasi bencana struktural berupa membangun kanal untuk mencegah banjir," kata Rudyanto.

Apel kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi yang kita selenggarakan saat ini adalah merupakan langkah konsolidasi dengan berbagai elemen bangsa di daerah ini, guna membangun kemitraan serta kesadaran bersama dari seluruh elemen bangsa.

Dalam apel kesiapsiagaan ini, saya dan juga Kapolres Rohil, Kejari Rohi,Dandim 0321 Rohil beserta Forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Rokan Hilir lainnya, menghimbau kepada seluruh komponen dan elemen bangsa dan segenap lapisan masyarakat, mari kita rapatkan barisan menjalin kebersamaan bahu-membahu dan mencegah serta mengurangi risiko bencana hidrometeorologi khususnya di wilayah Kabupaten Rokan Hilir," Ujar Rudyanto.

Sementara itu, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SIk mengatakan, kegiatan apel siaga bencana tersebut dalam rangka kesiapsiagaan Polri dan TNI beserta Forkopimda dalam mengantisipasi bencana alam di wilayah hukum Polres Rohil.

Melalui apel siaga bencana ini menjadi sarana untuk berkoordinasi dan meningkatkan kapasitas daerah sarana prasarana dari berbagai unsur agar mampu bersinergi dalam penanggulangan bencana.

TNI dan Polri bersama Forkompinda dan Instansi lainnya tetap selalu berkoordinasi terkait penyamaan persepsi dalam penanganan bencana alam di wilayah rohil. Hal ini dilakukan agar kita harus dan selalu siap siaga dan menyamakan persepsi dalam penanganan bencana alam di wilayah kita ini.

"Sehingga bila ada kejadian bencana alam kita bisa cepat mengantisipasi dampak akibat dari bencana tersebut," Terang Nurhadi.

Masukan dari masing masing Forkominda yang menjadi prioritas dalam penanganan bencana alam di wilayah yang jarak tempuh yang cukup jauh tentunya harus ada relawan tangguh dimasing-masing Kecamatan atau Kepenghuluan untuk membackup terlebih dahulu menunggu perkuatan dari Kabupaten," Kata mantan Kapolsek Bangko itu.

Ia menambahkan, Apel kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi yang kita selenggarakan saat ini adalah merupakan langkah konsolidasi dengan berbagai elemen bangsa di daerah ini guna membangun kemitraan serta kordinasi bersama dari seluruh elemen bangsa," pungkasnya. (zal)



 
Berita Lainnya :
  • Antisifasi Bencana Alam, TNI/Polri Dan Forkopimda Gelar Apel Kesiapsiagaan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica