www.beritaintermezo.com
20:29 WIB - PTPN IV Regional III Ambil Bagian Meriahkan Kampar Expo | 08:37 WIB - DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Penetapan Jadwal Reses Masa Sidang I Tahun 2024 | 08:33 WIB - Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17% Sepanjang Hari Raya Idulfitri | 08:24 WIB - Lantik Pengurus PWI Kuansing, Raja Isyam : Jaga Nama Baik Organisasi dan Selalu Kritik | 15:50 WIB - Menjelajah Dunia Migas di Dumai Expo 2024, Edukasi dan Kontribusi untuk Masa Depan | 12:29 WIB - Raja Baut Bagikan Ribuan Sembako Kepada Masyarakat Bagansiapiapi
Komitmen RSUD Rokan Hulu Dalam Mewujudkan Integritas Tinggi Serta Menjadi BLUD Yang Profesional
Rabu, 11-10-2023 - 14:08:26 WIB

TERKAIT:
   
 

Rohul (Beritaintermezo.com) - Berbagai dinamika persoalan telah dialami RSUD Rokan Hulu (Rohul) dalam perjalanan nya menjadi sebuah Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Bak pertumbuhan manusia, setiap masalah dari berbagai persoalan pun sudah dialami oleh RSUD Rohul dari mulai berdiri hingga saat ini. Namun, sedikit flash back, setiap masalah terus disikapi dan selalu dievaluasi oleh manajemen RSUD Rohul di bawah pimpinan dr. Zulki Afki, Sp.P sebagai Direktur BLUD RSUD Rohul.
 
Di sela Kegiatan di RSUD, yang dihadiri langsung oleh Bupati H. Sukiman, Direktur RSUD Rohul memberikan detail keterangan terhadap setiap polemik yang sempat menghampiri RSUD Rohul."Manajemen di bawah kepemimpinan saya telah mengambil langkah strategis terhadap seluruh polemik yang sempat muncul", sebut dr. Zuldi.
 
Salah satu polemik yang sempat muncul yakni tentang proyek pembangunan gedung 6 lantai."Untuk proyek tersebut, telah dilaksanakan joint audit oleh Inspektorat Rohul, BPKP Provinsi Riau, Dinkes Rohul, RSUD sendiri dan Lembaga Audit Independen dari LP2M Unri", terang dr. Zuldi secara detail.
 
Direktur RSUD Rohul ini menjelaskan joint audit tersebut mencakup penilaian kembali konstruksi gedung, arsitektur termasuk mekanika/ elektrikal dan sarana pendukung lainnya."Hasil audit merekomendasikan untuk melanjutkan pembangunan dan pemanfaatan gedung 6 lantai RSUD untuk kepentingan masyarakat", sebut Direktur RSUD tersebut.
 
Direktur RSUD Rohul juga mengatakan telah dilakukan pengurusan hibah Barang Milik Negara (BMN) gedung tersebut antara RSUD, Kemenkes dan Kemenkeu."Hasil audiensi dengan Gubri dan Bappeda dan Dinkes Provinsi Riau telah melakukan tinjauan lapangan guna perencanaan kelanjutan pembangunan nya", tambah dr. Zuldi lagi.
 
Sementara itu, Humas RSUD Rohul, Sogirin, SKM,,MM menambahkan Pemkab Rohul telah mengupayakan langkah kelanjutan pembangunan gedung enam lantai tersebut lewat Detail Engineering Desain (DED) ulang."Telah diupayakan dan diusulkan pula rincian kebutuhan Alkes dan Sarpras yang diperlukan melalui Bappeda Riau", sebut Sogirin, sapaan akrabnya.
 
Sogirin juga menjelaskan beberapa langkah strategis RSUD Rohul dalam kurun waktu tahun ke belakang."Tahun 2022 RSUD telah melaksanakan pengelolaan limbah medis yang lebih baik sesuai regulasi Permen LHK", tambah Sogirin lagi. Secara detail mantan Kepala Puskesmas Tambusai ini menjelaskan seluruh limbah medis termasuk limbah B3 dan limbah infeksius padat dilakukan kerjasama Tripartite dengan transporter dan pihak pemusnah di Cikande Banten.
 
"Telah dilakukan penanganan komprehensif dimana telah dibangun TPS dengan syarat dan regulasi terpenuhi termasuk Cold storage", terang Sogirin lagi. Humas RSUD Rohul ini mengatakan adanya Cold Storage yang dapat menyimpan limbah infeksius selama kurang lebih 90 hari dapat mengatasi penggunaan incenerator atau alat pembakar limbah B3 yang sudah tidak efektif lagi penggunaan nya karena dapat mengakibatkan pencemaran udara di sekitarnya.
 
Kemudian untuk instalasi dan saluran limbah, RSUD Rohul telah melakukan revitalisasi SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) secara berkala."Tak hanya itu, IPAL di RSUD telah menggunakan teknologi terbaru yakni AOP serta dilakukan pemeriksaan baku mutu air secara berkala dengan DLH Rohul dan Sucofindo", terang Sogirin lagi.
 
Ditanya soal Pengadaan Barang dan Jasa terhadap seluruh alat untuk mendukung adaptasi teknologi terbaru, Humas RSUD Rohul mengatakan setiap penyedia di dalam e-katalog sudah kredibel dan terkendali langsung oleh LPKP (Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah).
 
"Seluruh pengadaan dilaksanakan oleh UKPBJ secara e-katalog dengan sistem SPSE", sebut Humas RSUD. Sebagai tambahan RSUD Rohul Tahun 2022 mendapatkan prestasi tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan oleh BPJS Kesehatan Pekanbaru dan pelayanan akreditasi paripurna oleh Lembaga akreditasi KARS.
 
"Dari proses dan hasil yang kita raih, secara sistem keuangan RSUD Rohul sudah keluar dari defisit anggaran dimana seluruh hutang RSUD yang terakumulasi dari tahun sebelumnya dapat diselesaikan di tahun tersebut", tutup Humas RSUD Rohul.(joh)



 
Berita Lainnya :
  • Komitmen RSUD Rokan Hulu Dalam Mewujudkan Integritas Tinggi Serta Menjadi BLUD Yang Profesional
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica