www.beritaintermezo.com
19:27 WIB - PWI Pelalawan Libas Apdesi 2-0, Bupati Pelalawan Zukri Cetak Satu Gol | 13:47 WIB - Ditutup Wapres Ma'ruf Amin, PLN Sukses Kawal Listrik PON XX Papua 2021 | 10:03 WIB - Peringati Hari Sumpah Pemuda 2021, Kades Sontang Buka Open Turnamen Vollybal Se Kecamatan Bonai Daru | 08:07 WIB - Polres Kampar : Perkara Anthony Hamzah Bukan Kriminalisasi & Tak Ada Kaitannya Dengan PTPN V | 16:49 WIB - Dukung Peningkatan Mutu Pendidikan Masyarakat, PTPN V Salurkan Bantuan PKBL Sebesar Rp15 Juta Untuk | 16:45 WIB - Wisata Alam Lirik Binaan Pertamina Raih Sertifikasi RBRA dari Kementerian PPPA
Tokoh Bengkulu Jadi Pahlawan Nasional, Gubernur Rohidin Pastikan Bengkulu Semakin Dikenal
Rabu, 13-10-2021 - 12:41:38 WIB

TERKAIT:
 
  • Tokoh Bengkulu Jadi Pahlawan Nasional, Gubernur Rohidin Pastikan Bengkulu Semakin Dikenal
  •  

    Bengkulu (Beritaintermezo.com) - Upaya mengangkat nama Bengkulu dari sisi historikal sejarah hingga saat ini terus dilakukan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Salah satunya dengan pengusulan calon gelar pahlawan nasional yang berasal dari tanah Bumi Rafflesia, selain mengangkat ikon-ikon sejarah seperti Benteng Marlborough, Rumah Pengasingan Bung Karno dan lainnya.

    Ditegaskan Gubernur Rohidin, hal ini dilakukan lantaran semakin banyak tokoh-tokoh Bengkulu yang ditetapkan menjadi pahlawan nasional, maka akan membawa pengaruh besar bagi Bengkulu untuk dikenal luas di berbagai wilayah Indonesia bahkan internasional.

    "Dengan pengusulan gelar calon Pahlawan Nasional ini harus ditonjolkan, bahwa orang Bengkulu punya kontribusi terhadap kemerdekaan Indonesia," jelas Gubernur Rohidin Mersyah usai membuka Seminar Nasional Pengusulan Gelar Calon Pahlawan Nasional Ir. Indera Tjaja dari Provinsi Bengkulu, di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (12/10).

    Selain itu lanjut Gubernur Rohidin, contoh lain sejarah terkait jalur perdagangan rempah-rempah Sumatera nama Bengkulu tidak pernah disebut. Padahal Bengkulu merupakan salah satu gudang rempah saat itu dan seharusnya ini perlu dibuatkan narasinya. Sehingga bisa mendorong pergerakan dan pengembangan pelabuhan Pulau Baai.

    "Jadi narasi sejarah seperti ini harus terus dikembangkan agar bisa menguntungkan masyarakat Bengkulu," imbuhnya.

    Ditambahkan Gubernur Bengkulu ke-10 ini, untuk mempercepat proses pengusulan gelar calon Pahlawan Nasional tersebut, seminar-seminar nasional dan dukungan dari pihak ahli waris juga sangat menentukan.

    "Maka kita dorong penyusunan dokumen ilmiahnya dan saya juga telah menghadap Menteri Sosial terkait pengusulan gelar pahlawan ini. Selain itu dukungan dari pihak keluarga juga penting seperti dari ahli waris Ir. Indera Tjaja ini," pungkasnya.

    Diketahui selain Ir. Indera Tjaja, juga terdapat 2 tokoh Bengkulu yang juga telah diusulkan ke Kementerian Sosial sebagai Pahlawan Nasional yaitu AM. Hanafi dan Abdul Rifa'i.

    Sementara itu Syahrizal Tjaja yang merupakan cucu dari Ir. Indera Tjaja mengaku bangga dan berterima kasih kepada Pemprov Bengkulu yang telah mengusulkan kakeknya sebagai Pahlawan Nasional asal Provinsi Bengkulu melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Bengkulu.

    "Kami dari pihak keluarga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur Bengkulu dan jajaran Pemprov Bengkulu melalui TP2GD Provinsi Bengkulu," ungkapnya.

    Diketahui Ir. Indera Tjaja merupakan Residen Bengkulu yang diangkat pada 3 Oktober 1945. Sehari setelah dia diangkat barulah bendera Merah Putih untuk pertama kali dikibarkan di Kota Bengkulu, yaitu pada 4 Oktober 1945.

    Nama Indera Tjaja saat ini diabadikan menjadi salah satu nama jalan protokol, tepatnya di Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu.

    Sementara itu, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan piagam dan uang pembinaan kepada pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Kepahlawanan Tingkat SLTA se Provinsi Bengkulu Tahun 2021.

    Di mana juara pertama diraih Calvin Agung Pramudya asal SMA N 4 Kota Bengkulu, juara 2 diraih Sintia Anugra Ananda asal SMA N 1 Kabupaten Seluma dan juara 3 diraih Zahra Nur Fitri asal SMA N 1 Kabupaten Lebong.(rls/ertk)



     
    Berita Lainnya :
  • Tokoh Bengkulu Jadi Pahlawan Nasional, Gubernur Rohidin Pastikan Bengkulu Semakin Dikenal
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    6 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    7 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica