www.beritaintermezo.com
12:18 WIB - PTPN V Perkuat Persiapan Kontingen Riau di PON Papua 2021 | 12:14 WIB - SKK Migas Sumbagut - KKKS Riau Dukung Persiapan Tim Kontingen PON XX 2021 | 08:29 WIB - Partai Prima Kecam Kebijakan Pemerintah Terkait Wacana Kenaikan PPN dan Pajak Sembako | 08:19 WIB - Afrizal Sintong : Tanpa Dukungan Semua Pihak, Rohil Sejahtera Tidak Akan Maksimal | 08:13 WIB - Dorong Kesadaran Untuk Vaksin, Sertifikat Vaksin Menjadi Salah Satu Syarat Akses Layanan Publik | 08:06 WIB - Modifikasi Cuaca, Upaya Pemerintah dan Swasta Cegah Karhutla
75 Tahun SPS, Merawat Jurnalisme Berkualitas untuk Bangsa
Selasa, 08-06-2021 - 14:18:05 WIB

TERKAIT:
 
  • 75 Tahun SPS, Merawat Jurnalisme Berkualitas untuk Bangsa
  •  

    Jakarta (Beritaintermezo.com) - Pandemi COVID-19 benar-benar telah menguji eksistensi pers di Indonesia hingga titik terdalam. Para pengelola perusahaan pers di negeri ini berjibaku mencari cara yang tepat untuk mempertahankan eksistensinya, sekaligus berupaya keras merawat jurnalisme berkualitas (good journalism).

    Serikat Perusahaan Pers (SPS) yakin, bahwa dengan terus memperkuat jurnalisme yang berkualitas, pers nasional akan selalu mendapat tempat di hati publik. Dengan kata lain, publik akan memperoleh pencerahan dari mengonsumsi informasi melalui media arus utama (media mainstream).

    Pada akhirnya, demokrasi menjadi semakin sehat. Karena publik terbiasa mendiskusikan wacana-wacana yang produktif dari media arus utama, jauh dari hoaks. "Inilah substansi yang ingin disampaikan SPS kepada publik pada peringatan usia ke-75, 8 Juni 2021 ini," ujar Ketua Harian SPS Pusat Januar P Ruswita.

    Menurut Januar, good journalism adalah pilihan paling obyektif bagi keberlanjutan industri pers yang berkualitas, bermartabat, sekaligus sehat secara bisnis.
     
    SPS juga mendorong Negara agar ikut terlibat dalam memperkuat ketahanan pers nasional melalui perlindungan terhadap keberlanjutan industri pers nasional, dengan menerapkan kebijakan yang adil terhadap bisnis platform. Seperti diketahui, platform digital global telah mengancam eksistensi pers nasional, dengan menggerogoti kue iklan media nasional.

    *Komitmen SPS*
    Peringatan 75 tahun Serikat Perusahaan Pers (SPS) yang sejak 2011 telah menjelma sebagai asosiasi perusahaan pers multiplatform, akan menggelar serangkaian kegiatan ulang tahun yang mengangkat tema Good Journalism For Our Nation. "Tema ini kami angkat sebagai bentuk komitmen SPS Pusat untuk terus mengawal industri ini melewati berbagai macam tantangan dan rintangan demi keberlanjutan industri pers di masa depan," imbuh Ketua Panitia HUT 75 Tahun SPS Syamsudin H Sutarto.

    Sejumlah kegiatan telah dipersiapkan.  Antara lain seminar nasional *Masa Depan Pers dalam Pandangan 4 Pilar Demokrasi (Legislatif, Eksekutif, Yudikatif, dan Media)*. Kemudian penerbitan Buku *75 Tahun SPS: Jalan Panjang Merawat Jurnalisme yang Sehat dan Mandiri*. Serta *SPS Awards*, sebagai apresiasi melalui kompetisi website korporasi dan lembaga pemerintah dan Lifetime Achievement bagi tokoh pers.

    Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat membawa manfaat yang lebih luas baik bagi insan media maupun publik. "Dengan melibatkan tokoh masyarakat, elit politik, hingga mahasiswa dan pelajar, kami ingin mengajak publik untuk selalu mengakses informasi yang kredibel dan beretika dari pers nasional, khususnya anggota SPS," pungkas Sutarto. ***



     
    Berita Lainnya :
  • 75 Tahun SPS, Merawat Jurnalisme Berkualitas untuk Bangsa
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    5 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    6 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    7 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
    10 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica