www.beritaintermezo.com
19:36 WIB - Hakim Vonis Bersalah Terdakwa Perusuh Aset Perusahaan Negara | 15:33 WIB - Pemprov Riau Segera Usulkan Pengganti Pj Walikota Pekanbaru. | 15:24 WIB - KPU Sebut Partisipasi Pemilih Turun 20 Persen Pada Pemilu 2024 di Pekanbaru | 20:04 WIB - IOH Ajak Masyarakat Rayakan Indah Ramadhan Lewat Gerakan Sosial dan Pemberdayaan Ekonomi Lokal | 19:55 WIB - Ketua DPRD Meranti Lakukan Koordinasi Dengan Kementerian BUMN | 16:03 WIB - Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Dispersib Rohil Gelar Pustaka Keliling
Tanggulangi Banjir, Pemkab Karimun Anggarkan Rp7 Miliar di APBD 2019
Selasa, 20-11-2018 - 11:59:44 WIB
Bupati Karimun Aunur  Rafiq saat meninjau banjir di Pulau Kundur
TERKAIT:
   
 

Karimun (Beritaintermezo.com)-Pemerintah Karimun akan mengalokasikan anggaran Sebesar Rp7 miliar dalam Rancangan APBD Tahun 2019 untuk penanggulangan banjir di Pulau Kundur. Dana  tersebut akan digunakan  untuk memperbaiki  system drainase di sejumlah titik rawan banjir dan aliran sungai yang ada . 

“Kita fokuskan untuk perbaikan drainase dan aliran sungai,” ujar Kadis PUPR M Zulfan Jumat (16/11) lalu.

Zulfan menyampaikan, Dinas PU optimis bencana banjir yang rutin terjadi setiap tahunnya, terutama di Pulau Karimun seperti di sejumlah titik rawan banjir seperti di Gang Awang Noor Kelurahan Baran, Kampung Baru Tebing, perkampungan belakang Mapolres Karimun, daerah Kapling Kelurahan Sei Lakam tidak akan separah tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun 2018 kita sudah anggarkan sekitar Rp 7 miliar untuk mengatasi persoalan banjir di Pulau Karimun dan Allhamdulilah dana tersebut sudah kita gunakan untuk menangani di titik-titik rawan banjir tersebut,” jelas Zulfan.

Ia mengatakan, baik pemerintah daerah sampai ke tingkat Kecamatan, Kelurahan dan RT/RW telah melakukan beragam antisipasi sejak dini seperti termasuk sosialisasi kepada masyarakat sekitar daerah rawan banjir.

"Kami sudah menyiapkan dengan baik pengalaman banjir tahun lalu. Pertama sosialisasi kepada masyarakat agar menyiapkan diri dengan baik, dengan membersihkan wilayah sekitar, terutama kalau ada parit dan sungai dibersihkan, sehingga tidak ada sampah yang menghambat," ujarnya.
Dari pemerintah daerah, lanjut Zulfan, juga telah melakukan koordinasi dan review bersama dengan pihak-pihak terkait guna memantau kawasan-kawasan di sekitar aliran sungai dan titik banjir agar tidak ada perilaku masyarakat yang bisa menyebabkan penyempitan aliran air.

Bupati Karimun, Kepulauan Riau, DR H Aunur Rafiq akan mencanangkan Gerakan Karimun Bebas Banjir pada 2019, menyusul parahnya banjir yang melanda beberapa kawasan akibat tingginya curah deras .

"Karimun kita upayakan bebas banjir pada 2019. Caranya dengan merevitalisasi drainase secara menyeluruh di 12 kecamatan, dan memperlebar drainase atau saluran primer menuju laut," kata Rafiq .

Bupati mengatakan, untuk tahap awal pihaknya akan mengeruk atau memperdalam drainase-drainase pada bagian hulu sehingga air mengalir dengan cepat ke hilir, dan tidak meluap sehingga merendam permukiman penduduk. Dia juga akan menginventarisasi kawasan dan titik-titik rawan banjir. (hk/hen)



 
Berita Lainnya :
  • Tanggulangi Banjir, Pemkab Karimun Anggarkan Rp7 Miliar di APBD 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 Rumah Duka di Karimun Merangkap Tempat Judi, Polres Tutup Mata
    2 Fraksi DPRD Riau Berikan Pandangan Umum Terhadap Ranperda Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah
    3 Sijago Merah Lahap 7 Rumah Warga di Jalan Datuk Bandar Tembilahan
    4 Pemuda Teluk Sungkai Gotong Royong Menimbun Jalan Berlobang
    5 Harap Pinta Belasan Tahun
    Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru Resmi Beroperasi
    6 Pj Walikota Dumai Arlizman Agus Buka Jambore PIK 2015
    7 Pemkab Rohil Salurkan Beasiswa Keluarga Tidak Mampu Sebesar Rp6,5 Milyar
    8 Konferensi Perubahan Iklim ke-21 Paris
    APRIL Tawarkan Solusi Alternatif Buka Lahan Tanpa Bakar
    9 Ini Dia Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Terbukti Ampuh
    10 Bantuan Kapal Karet Tiba, BPBD Siap Siaga Atasi Banjir di Pekanbaru
     
    Foto Lepas | Galeri Foto | Advertorial | Opini | Indeks
    Siak | Inhu | Rohil | Kepri | DPRD Rohil
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan
    © 2016 PT. INTERMEZO PUTRA SAMPURNA PERS, All Rights Reserved
    handbags replicawatches replica